IMPLEMENTASI ELECTRONIC GOVERNMENT DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA PALOPO

ulfa ulfa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi electronic government sebagai upaya peningkatan pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palopo. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan Informan yaitu Kepala Bidang Informasi dan pelayanan, Ketua Tim teknis, Pengawas Operator, Operator layanan online, Staff dan Masyarakat Pengguna Layanan perizinan, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, Reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi electronic government di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palopo masih belum optimal dalam pemanfaatannya. Hal ini ditunjukkan dengan budaya dan tingkat pendidikan masyarakat pengguna layanan di Kota Palopo yang belum terbiasa dengan pelayanan berbasis online, Dari segi sosialisasi pemerintah yang hanya sampai tingkat kecamatan, tidak sampai ketingkat kelurahan, Sumber Daya Manusia, dan sarana dan prasarana masih belum mendukung, oleh karenanya sosialisasi dan pembelajaran kepada masyarakat tentang pemanfaatan e-government lebih diprioritaskan.

 


Keywords


Implementasi, Pelayanan, Pemerintahan, electronic government

Full Text:

PDF

References


Adawi,Z,S.Yousatzai,J.Pallister. 2005. Conceptual Model Of Citizen Adoption Of E-Government. The Second International Conference On Innovations In Information Technology (IIT’05):1-10.

Al-Khatib, Hala. 2009. A Citizen Oriented E- Government Maturity Model. Brunei University. pp.1-14.

A.Michael Huberman. 1992. Analisa data kualitatif. Jakarta:Universitas Indonesia.

Indajid. (2006). E-Government. Aptikom

John F., and Khalid S.Soliman. 2006. E-Government : A Strategi Operations Management Framework For Service Delivery. Business Process Management Journal. Vol.12(1):13-21.

Umar, Arif Alauddin. 2014. Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu. Tesis. Universitas Hasanuddin: Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Faculty Sosial dan Ilmu Politik

Address: Jalan Sultan Hasanuddin No 15 Kota Palopo, South Sulawesi

Emaililagaligo_unanda@gmail.com