ANALISIS PENGARUH FIRM SIZE, RISIKO BISNIS, DAN RISIKO KEUANGAN TERHADAP TINGKAT KEUNTUNGAN

Andi Meriam

Abstract


Perusahaan pada Sektor Barang Konsumsi kebanyakan dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang mempengaruhi tingkat keuntungan khususnya yang bergerak disektor barang konsumsi. Variabel yang yang cukup dominan berpengaruh terhadap ROE antara lain fim size, bisiko bisnis dan risiko keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk melihat pengaruh firm size, risiko bisnis dan risiko keuangan terhadap return on equity (tingkat keuntungan) pada Sektor Barang Konsumsi di BEI. Hasil penelitian menunjukkan ketiga variabel secara bersama berpengaruh terhadap return on equity perusahaan sector barang konsumsi sedangkan secara parsial variabel risiko bisnis paling berpengaruh terhadap return on equity (ROE) pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi di BEI.

Keywords


firm size, risiko bisnis, risiko keuangan, ROE

Full Text:

PDF

References


Anonim, Bursa Efek Indonesia. 2010. JSX, Buku Panduan Indeks 2010. http//www.idx.co.id

Anwar, M., 2009. Pengaruh Antara Risiko Bisnis, Strategi Pertumbuhan, Struktur Modal terhadap Kinerja Perusahaan Makanan dan Minuman di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 7, No. 2, hal: 305-314.

Brigham, E. F., & Joel F. Houston, 2007. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Buku 1, Edisi 11, Jakarta: Salemba Empat.

Eduwardus, T, 2004, Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, Edisi I, Yogyakarta: BPFE

Hartono, J. 2003. Teori Portofolio dan Analysis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Halim, Abdul. 2002. Analisis Investasi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Jogiyanto, 2009. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi 3. Yogyakarta: BPFE.

Jang, L., B Sugiarto dan D Siagian. 2007. Faktor-faktor yang mempengaruhi Kualitas Laba pada Perusahaan Manufaktur di BEJ. Akuntabilitas Vol 6 no 2 Maret hal: 142-149.

JEMMA, Volume 2 Nomor 1, Maret 2019 |

Mulyadi, 2001. Akuntansi Manajemen Konsep, Mamfaat & Rekayasa. Jakarta: Salemba Empat.

Meriam, Andi. 2012. Analisis Pengaruh Firm Size, Degree of Total Leverage terhadap Risiko Bisnis pada Sektor Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Hipotesis Tahun ke 4 nomor 2 April-Juni 2012, hal: 149-160.

Meriam, Andi. 2013. Analisis Pengaruh Likuiditas dan Cyclicality terhadap Risiko Bisnis pada Sektor Barang Konsumsi di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Wawasan Tridharma No 7 Tahun XXV, februari 2013, hal: 31-37.

Marwanto, E., 2009. Pengaruh Risiko Terhadap Tingkat Keuntungan PadaPerusahaan Perbankan Yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Kajian Akuntansi. Vol. 4, No. 2, hal: 114-127.

Normal, I. N., 2006. Peranan Risiko Bisnis Dalam Pengambilan Keputusan Investasi. Sarathi. Vol. 13, No. 3, hal: 177-183.

Pakpahan, Nancy dan Enni Apriani. 2018. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Risiko Bisnis dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Medan.

Syamsuddin, L., 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.

Sinuraya, M., 2001. Analisis Leverage Dan Risiko Keuangan Untuk meningkatkan Return Bagi Pemegang Saham. Panutan Bisnis, Vol. 4, No. 1. Hal: 43-55.

Zainuddin. 2014. Pengaruh Risiko Bisnis dan Risiko Keuangan terhadap Tingkat Keuntungan Perusahaan Makanan dan Minuman di Indonesia. Jurnal Akuntansi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, hal: 63-72.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/jemma.v2i1.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JEMMA | Journal of Economic, Management and Accounting



Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Andi Djemma

(P-ISSN: 2615-1871/ E-ISSN: 2615-5850)


TERINDEKS BY:

 Crossref logodimensions.png 

 Creative Commons License
JEMMA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.