PERAN PELATIHAN TERHADAP PENGEMBANGAN HUMAN CAPITAl TENAGA KEPENDIDIKAN PADA INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB)

Erwina Erwina

Abstract


Pelatihan merupakan salah satu sarana untuk memperoleh SDM yang berkualitas. Pelatihan erat kaitannya dengan human capital (modal insani) yang ada pada organisasi. Pengembangan modal insani telah diterapkan oleh banyak organisasi, salah satunya yaitu Institut Pertanian Bogor yang memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh pelatihan terhadap pengembangan modal insani tenaga kependidikan pada Institut Pertanian Bogor. Data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada pegawai kependidikan IPB dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui literatur yang berkaitan dengan Institut Pertanian Bogor. Responden pada penelitian ini berjumlah 95 orang. Metode penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Alat Analisis yang digunakan yaitu Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Latent Variable Score (LVS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pelatihan terhadap pengembangan modal insani pada Institut Pertanian Bogor adalah positif dan signifikan, sehingga semakin baik pelatihan yang dilaksanakan oleh Institut Pertanian Bogor  maka  modal insani  juga akan semakin berkembang. Variabel  pelatihan yang paling berpengaruh terhadap human capital yaitu variabel trainer. Sedangkan pengembangan modal insani sangat dirasakan pada vaariabel  keterampilan dan kemampuan.

Keywords


Modal Insani, Pelatihan, Keterampilan dan Kemampuan

Full Text:

PDF

References


Amelia, G. 2007. Analisis Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Internal Terhadap Pembelajaran Pegawai (Studi Kasus Bakosurtanal Cibinong-Bogor). Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor

Hamalik, O. 2007. Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hendrawan, S., Indraswari., S. Yazid. 2012. Pengembangan Human Capital Persfektif Nasional, Regional dan Global. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Magableh IK, Kharabsheh R, Al-Zubi KA. 2011. Determinants and impact of training: the case of SMEs in Jordan. International Journal of Economics and Finance. 3 (4) : 104-116.

Moeheriono. 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Ghalia Indonesia. Bogor. Pembelajaran Pegawai (Studi Kasus Bakosurtanal Cibinong, Bogor). Skripsi pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Istitut Pertanian Bogor.

Rivai, V. 2009. Islamic Human Capital dari Teori ke Praktik Manajemen Sumber Daya Islami. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tadic I. 2010. Human Capital Practices in Different Industries in Croatia. The Business Review. 15 (2): 239-246

Wibisono D. 2006. Manajemen Kinerja Konsep, Desain, dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Bandung (ID): Gelora Aksara Pratama.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/jemma.v1i1.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JEMMA | Journal of Economic, Management and Acounting



Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Andi Djemma

(P-ISSN: 2615-1871/ E-ISSN: 2615-5850)


TERINDEKS BY:

 Crossref logodimensions.png 

 Creative Commons License
JEMMA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.