Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Journal TABARO Agriculture Science?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Pedoman Singkat Penulisan Jurnal Ilmiah

"Journal TABARO : Agriculture Science"

Artikel yang diterima adalah artikel yang belum pernah dimuat atau tidak sedang dalam proses publikasi di jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Artikel dapat berupa hasil-hasil penelitian mutakhir (paling lama 5 tahun yang lalu), ulasan (review) singkat, analisis kebijakan atau catatan penelitian singkat (research note) mengenai teknik percobaan, alat, pengamatan, dan hasil awal percobaan (preliminary result), yang mencakup salah satu disiplin ilmu dalam bidang teknologi budidaya pertanian, perikanan, kehutanan, peternakan, sosial ekonomi pertanian, dan biologi tanaman.

Setiap halaman diberi nomor secara berurutan, maksimum 15 halaman termasuk tabel dan gambar. Artikel ditulis dalam bahsa Indonesia yang berpedoman pada Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia dan Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Artikel diketik rapi berjarak 2 spasi (Times New Roman, font 12) pada kertas putih HVS A4 (21 cm x 29.7 cm) dengan pias 3. Artikel diketik dengan program Microsoft Word (doc.). Tidak ada catatan kaki di dalam teks dan Subjudul ditulis di tengah.

Artikel meliputi urutan sebagai berikut : Judul (dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), nama dan alamat penulis, Abstract (Bahasa Inggris) dengan keywords, Abstrak (Bahasa Indonesia) dengan kata kunci, Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (bila perlu), dan Daftar Pustaka. 

  • Judul

Judul harus mencerminkan hasil penelitian, ditulis singkat, informatif, dan deskriptif (max. 21 kata), penulisan huruf kapital, dicetak tebal dengan huruf 12 pts. Ditulis dalam Bahasa Indonesia dan dibawahnya dalam Bahasa Inggris yang ditulis tebal dan miring. 

  • Nama Penulis

Ditulis tanpa gelar akademik, dicetak tebal dengan huruf besar kecil, 12 pts dan diletakkan pada bagian tengah. Deri tanda * pada penulis untuk korespondensi. 

  • Alamat e-mail

Dicantumkan di bawah nama Penulis (satu atau terdiri dari tim mencantumkan email masing-masing penulis) dengan huruf 12 pts, tidak dicetak tebal dan diletakkan pada bagian tengah. 

  • Pekerjaan

Dicetak miring dengan huruf 12 pts, tidak dicetak tebal dan diletakkan pada bagian tengah, di bawah email. 

  • Abstract atau Abstrak

Abstrak dapat berdiri sendiri dan harus mencakup pendahuluan singkat, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan utama secara ringkas. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan dibawahnya dalam Bahasa Inggris. Tidak ada kutipan pustaka di dalam abstrak dan sebaiknya tidak kurang dari 100 kata, dan tidak lebih dari 300 kata. 

  • Keywords atau Kata Kunci

Kata kunci ditulis setelah abstrak, maksimum 5 kata selain kata dalam judul dan disusun berurutan berdasarkan abjad. 

  • Pendahuluan

Pendahuluan merupakan justifikasi tentang subyek yang dipilih didukung dengan pustaka yang relevan. Memuat latar belakang penelitian dan harus diakhiri dengan tujuan penelitian. Tidak terlalu luas tapi juga tidak terlalu singkat, idealnya 400-500 kata. 

  • Metode

Memuat bahan dan metode penelitian, mencakup tempat, waktu, metoda pengambilan sampel, pelaksanaan rancangan percobaan, metoda analisa, dan hal lain yang berkaitan. Harus detil dan jelas sehingga orang yang berkompoten dapat melakukan penelitian yang sama (repeatable and reproducible). 

  • Hasil dan Pembahasan

Hasil melaporkan apa yang diperoleh dalam percobaan. Hasil dirangkum dalam bentuk tabel dan grafik yang langsung diberi notasi statistika berdasarkan uji beda rataan yang umum. Tabel dan grafik dilengkapi dengan nomor dan judul. Untuk tabel, judul ditulis di bagian atas, sedangkan untuk grafik dan gambar ditulis di bagian bawah. Bila tabel dan grafik dikutip, sumbernya disebutkan sesuai dengan Daftar Pustaka. Tidak mengulang data yang disajikan dalam tabel atau grafik satu per satu dalam bentuk kata-kata kecuali hal-hal yang sangat menonjol. Pembahasan membandingkan hasil yang diperoleh dengan data pengetahuan (hasil penelitian terdahulu) yang sudah dipublikasikan dan disertai dengan sitasi pustaka dan menjelaskan implikasi data yang diperoleh bagi ilmu pengetahuan atau pemanfaatannya. 

  • Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan disajikan dalam bentuk paragraf atau dalam bentuk penomoran. Jika ada saran, maka disajikan secara singkat dan relevan. 

  • Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih dibuat sebagai ungkapan terima kasih kepada pihak yang membantu penelitian, penelaah naskah, atau penyedia dana penelitian. 

  • Daftar Pustaka

Daftar Pustaka disusun berdasarkan abjad, semua nama pengarang ditulis, tanpa penomoran. Sumber pustaka (jurnal, paten, disertasi, tesis, prosiding, dan buku teks) yang aktual (minimal 80% pustaka ditulis dalam 10 tahun terakhir), proporsi jurnal minimal 80%, dan membatasi jumlah pustaka yang mengacu pada diri sendiri (self citation). 

Di dalam teks, pustaka harus ditulis sebagai berikut:

  • Dua penulis: Sapareng dan Arzam (2016) atau (Lee and Kim, 2016).
  • Tiga penulis atau lebih: Idris, et al. (2016) atau (Bouza, et al., 2016). Bila terdapat lebih dari tiga pengarang, boleh menggunakan et al. atau dkk walaupun pustaka berbahasa asing, yang penting keseragaman dalam naskah tersebut. 

Beberapa contoh penulisan datar pustaka adalah sebagai berikut:

Artikel Jurnal. Judul artikel ditulis huruf kapital hanya pada huruf awalnya saja. Penyingkatan nama jurnal mngikuti anjuran dari jurnal yang disitasi

Martínez, P.M., M.A. Kabel, H. Gruppen. 2016. Delignification Outperforms Alkaline Extraction for Xylan fingerprinting of Oil Palm Empty Fruit Bunch. Carbohydrate Polymers. 153(1): 356–363

Buku. Judul buku ditulis huruf kapital pada semua huruf awalnya

Mutsaers, H.J.W. 2007. Peasants, Farmers and Scientists. Springer, D. Publ., Netherlands.

Buku dengan editor

Handayani, I.P., and Prawito, P. 2010. Indigenous Soil Knowledge for Sustainable Agriculture. p. 303- 318. In Lichtfouse, E (Eds). Sustainable Agriculture. Springer, D. H. Publ., New York, AS.

Prosiding

Radjagukguk, B. 1990. Pengelolaan Produktivitas Lahan Sawah Gambut. hal. 217-235. Dalam A. Agusli, M.H. Abas, Yurnalis (Eds.). Prosiding Pengelolaan Sawah Bukaan Baru Meningkatkan Swasembada Pangan dan Program Transmigrasi. Padang 17-18 September 1990.

Prosiding dengan lembaga atau organisasi sebagai pengarang

[AVRDC] Asian Vegetable Research and Development Center. 1992. Vegetable Soybean Production. Proceedings of a Training Course. Chiang May. Thailand 18-24 February 1991.

Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan Penelitian

Wahyuni, T. 2016. Pengaruh Pemberian Berbagai Jenis Tanah dan Mikroorganisme Lokal (Mol) Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt). Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Andi Djemma, Palopo.

Internet

Ghaida, M. 2012. Pemanfaatan Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) untuk Pupuk Organik (Kompos) dengan Bioaktivator Trichoderma sp. di Kebun Sawit. http://drplant.blogspot.com. Diakses tanggal 29 Juni 2014.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.