PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI WIRAUSAHA KRIPIK IKAN TERI DI KAMPUNG NELAYAN KOTA PALOPO

Sukriming Sapareng, Rosnina Rosnina

Abstract


Salah satu bentuk usaha yang memungkinkan dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah dengan berwirausaha membuat kerupuk. Produk olahan makanan berbahan ikan teri dipilih sebagai usaha untuk berwirausaha karena memiliki prospek yang baik, karena selain hasil nelayan melimpah, juga mengandung protein yang tinggi. Mengingat manfaat dan kandungan gizi yang bagus maka diversifikasi ikan teri diperlukan agar produk lebih bisa diterima oleh pasar. Tujuan kegiatan ini adalah menginspirasi mitra pengabdian masyarakat tentang sebuah ide dan semangat berwirausaha dengan sumber bahan baku yang mudah didapatkan dan ada disekitar mereka sehingga dapat menambah penghasilan rumah tangga. Program ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu pengolahan ikan teri menjadi kripik siap saji menyehatkan dan transfer teknologi pengemasan. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini maka dilakukan pelatihan dan pengembangan teknologi pengolahan ikan teri menjadi produk komoditas ekonomi berupa kripik, yang dapat memberikan alternatif usaha perekonomian baru di masyarakat. Dampak positif dari kegiatan ini adalah meningkatnya keterampilan dan pengetahuan mitra terkait pembuatan olahan produksi dari ikan teri, termasuk juga mengenai teknik pengemasan terlihat dari peningkatan skills dalam mengemas produk. Terjadi peningkatan kemampuan mitra dalam berwirausaha dalam memproduksi dan menjual produk.

Keywords


Kripik, Kampung Nelayan, Kota Palopo, Wirausaha, Ikan Teri

Full Text:

PDF

References


Herlambang A, Asmawati E, Haryono Y. 2018. Implementasi Cara Produksi Pangan yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga Kerupuk di Sidoarjo. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. 4(1): 31–37.

https://doi.org/10.29244/agrokreatif.4.1.3137

Ismail G, Supardi S, dan Wahyuningsih S. 2008. Analysis efficiency marketing system of fresh laying fish (decapterus russeli) on pelabuhan fish auction place in Tegal City. Jurnal Mediagro. IV (2): 39-50.

[PPNP] Pelabuhan Perikanan Nusantara Kota Palopo. 2016. Statistik Perikanan Pelabuhan Perikanan Nusantara Kota Palopo. Palopo

Rohmani S, Yugatama A, Prihapsara F. 2018. Inovasi Minuman Sehat Berbahan Kedelai dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat melalui Wirausaha di Kabupaten Sukoharjo. Agro Kreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. 4(2): 68–74.

https://doi.org/10.29244/agrokreatif.4.1.68-74

Sapareng S, Idris MY, Intisari, Yasin SM, Rosnina, 2019. Kualitas Bibit Durian Unggul Lokal Palopo. Caradde, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2): 76-83.

Sapareng S, Akmal, Halid I, 2017. Sistem Budidaya Lorong (Alley Cropping) pada Pertanaman Kakao dengan Tanaman Nilam di Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Balireso. 2(1): 28-36.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/tomaega.v2i1.236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat



Published by:

LPPM Universitas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6332

E-ISSN: 2622-6340

Email: tomaega.unanda@gmail.com/ CP: 082188150380


TERINDEKS BY:


Crossref logo

 Creative Commons License
JEMMA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.