Pelatihan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Irwanto Irwanto

Abstract


Sampah rumah tangga atau juga disebut sebagai sampah domestik setiap harinya akan semakin bertambah, peran masyarakat Citaman dalam mengelola sampah sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini sangat membantu masyarakat Citaman dalam mengelolah sampah baik sampah organik maupun non organik. Permasalahan dalam kegiatan ini adalah bagaimanakah cara memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pentingnya bank sampah dalam masyarakat untuk memilah-milah jenis sampah menjadi barang-barang kerajinan yang bernilai ekonomi. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah dengan kegiatan diskusi pemberdayaan kepada masyarakat Citaman RT 08, RW 13 pada kecamatan Ciomas di lokasi, yaitu di Pedukuhan Desa Citaman, Kecamatan Ciomas Serang Banten. Hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat di Citaman memberikan bekal keterampilan kepada masyarakat untuk mengelola bank sampah, dengan upaya mengurangi dan memanfaatkan ulang. Kegiatan pengabdian ini cukup efektif karena bahan-bahan yang diperlukan ada di sekitar masyarakat setempat, yaitu dengan dihasilkan produk kerajinan dari sampah, berupa lampion dan bunga dari sedotan bekas, pigura dan tempat pensil dari karton dan plastik bekas.

Keywords


bank sampah, masyarakat, pemberdayaan, pengelolaan

Full Text:

PDF

References


Alexander, A. (2001). Perencanaan Daerah Memperkuat Prakarsa Rakyat Dalam Otonomi Daerah. Lapera Pustaka Utama, Yogyakarta.

Didiharyono, D., Tenrigau, A. M., & Marsal, M. (2018). Pemanfaatan Sampah Plastik Untuk Dijadikan Bantal Yang Berkualitas Dan Bernilai Ekonomis Di Desa Tolada Kecematan Malangke Kabupaten Luwu Utara. To Maega| Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Gelbert, dkk. (1996). Pemanfaatan limbah pasar sebagai pakan ternak. Biologi Online.

Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 20 Tahun 2014. Pedoman Penanganan Sampah, Perizinan Usaha Pengelolaan Sampah, Dan Kompensasi Lingkungan. Yogyakarta.

Bestari. (2011). Paradigma Limbah Rumah Tangga Dan Pemberdayaan Masyarakat Lokal. Indomedia. Jakarta.

Widyawati & Widalestari. (1996). Upaya Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Untuk Mewujudkan Kebersihan Lingkungan di Kota Denpasar. Jurnal Ilmu Lingkungan, Program Studi Ilmu Lingkungan, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Sulistiyani. (2004). Dimensi Lingkungan Perencanaan Pembangunan, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Dani, S. (2012). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal. Makalah PPM Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Bappeda Kabupaten Bantul.

Kusnadi. (2005). Masalah Sampah di Indonesia dan Solusinya. Diakses dari http://www.karawangnews.com/2013/06/masalah-sampah-di-indonesia-dan.html. Pada 22 November 2018 pukul 15.46 WIB.

Slamet. (2002). Membangun Desa Partisipatif. Graha Ilmu. Yogyakarta: Gava Media.

Ambar, T. S. (2004). Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.

Darusman, D, (2002). Pembenahan Pakan Ternak Indonesia, Laboratorium Politik Ekonomi dan Sosial Kehutanan. Fakultas Kehutanan, IPB.

Guruh, P. (2011). Menyulap Sampah Jadi Rupiah. Surabaya: Mumtaz Media.

Mustofa, M. D. (2014). Strategi Pemberdayaan Perempuan BerbasisEkonomi Kreatif. Diakses darihttp://www.siperubahan.com/read/620/Strategi-Pemberdayaan-Perempuan-Berbasis-Ekonomi-Kreatif. Pada tanggal 27 November 2016 pukul 11.08 WIB.

Riant, N. (2008). Gender dan Strategi Pengarus-Utamaannya di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Togarsilaban, (2007). Keranjang Ajaib Takakura, http://www.Togarsilaban, jurnal.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/tomaega.v2i2.238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

LPPM Universitas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6332

E-ISSN: 2622-6340

Email: tomaega.unanda@gmail.com/ CP: 082188150380


TERINDEKS BY:


Crossref logo

 Creative Commons License
JEMMA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.