Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Berbagai Olahan Jantung Pisang Di Desa Pabbarasseng Kecamatan Bua Kabupaten Luwu

Intisari Intisari, Rosnina Rosnina

Abstract


Tersedianya sumberdaya, haruslah dibarengi dengan kemampuan mengolah sumberdaya tersebut sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih berdayaguna, memiliki nilai tambah dan bernilai jual/ ekonomi, oleh karena itu, sangat penting membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Jantung pisang bukanlah bahan pangan yang susah ditemui di Di Desa Pabbarasseng dan sekitarnya. Tetapi kebanyakan masyarakatnya hanya memanfaatkan jantung pisang sebagai sayuran yang menemani makan atau sarapan keluarga.  Padahal jantung pisang ini jika diolah dengan lebih kreatif dan inovatif maka dapat dijadikan sebagai sajian istimewa di rumah dan menjadi mata pencaharian tambahan bahkan utama jika ditekuni dengan serius.  Oleh karena itu, perlu adanya penyuluhan dan pelatihan berbagai olahan jantung pisang bagi wanita yang ada di Desa Pabbarasseng serta pelatihan kewirausahaan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini bertambahnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat di Desa Pabbarasseng Kecamatan Bua Kabupaten Luwu tentang pengolahan jantung pisang.  Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu : (1) Sosialisasi program ke mitra, (2) Penyuluhan dan Pelatihan Berbagai Olahan Jantung Pisang, (3) Pelatihan Kewirausahaan, dan (4) Pendampingan.

Keywords


Olahan Jantung Pisang, Pengabdian Masyarakat, Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Alma Buchari. 2018. Kewirausahaan (untuk mahasiswa dan umum). Alfabeta, Bandung

Sediaoetama A.D., 2004. Ilmu Gizi. Jilid Dua. Dian Rakyat, Jakarta

Siswono. 2002. Kembali ke Pola Makan yang Benar, www.google.com

Intisari. 2007. Upaya Pengembangan Bauran Pemasaran Kue bagea Melalui Analisis Sikap dan Faktor Sosial Ekonomi Konsumen (Tesis). Program Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin, Makassar.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Ghalia Indonesia, Bogor




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/tomaega.v2i2.240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat



Published by:

LPPM Universitas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6332

E-ISSN: 2622-6340

Email: tomaega.unanda@gmail.com/ CP: 082188150380


TERINDEKS BY:


Crossref logo

 Creative Commons License
JEMMA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.