Pelatihan Peningkatan Kompetensi Mengajar Bagi Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tangerang, Banten

Elizar Ayu Putri, Eko Hariyanto, Thomas Sunaryo, Ciek Julyanti Hisyam

Abstract


Setiap anak, termasuk narapidana anak, memiliki hak atas pendidikan yang bermutu yang dijamin baik oleh Resolusi dan Konvensi yang ditetapkan PBB maupun UUD 1945 amandemen keempat. Pemenuhan hak atas pendidikan bagi narapidana anak juga merupakan bagian dari pembinaan agar narapidana anak dapat kembali ke masyarakat dan menjadi warga negara yang taat hukum dan bertanggung jawab. LPKA Tangerang sebagai UPT di bawah Kementerian Hukum dan HAM di wilayah Provinsi Banten menjalankan tugas dan fungsi pembinaan terhadap narapidana anak. Salah satunya adalah penyelenggaraan pendidikan formal dan non-formal bagi narapidana anak yang menjadi binaannya. Berbagai penelitian menemukan bahwa penyelenggaraan pendidikan di LPKA Tangerang berjalan seadanya, tidak berkelanjutan, dan belum sepenuhnya dapat mengakomodir minat dan bakat serta kebutuhan narapidana anak, serta masih jauh tertinggal dari sekolah-sekolah di luar tembok penjara. Salah satu kendala utamanya adalah rendahnya kompetensi guru yang mengajar. Para guru di LPKA Tangerang umumnya adalah para petugas LPKA yang tidak memiliki latar belakang pendidikan guru. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya pelatihan dan pendampingan teknologi pembelajaran bagi para guru di LPKA Tangerang. Melalui kegiatan ini, diharapkan adanya peningkatan kompetensi pembelajaran bagi para guru di LPKA tersebut, sehingga pada gilirannya nanti akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan bagi narapidana anak di LPKA tersebut.

Keywords


Pendidikan; Hak Anak; Hak Narapidana; Pembinaan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Baifri, Vivi Sylviani. (2007). Program Pembinaan Bagi Anak Didik Pemasyarakatan Pidana Pendek. Jakarta: Tesis, Program Studi Pengkajian Ketahanan Nasional, Program Pascasarjana-UI.

BAPENAS. (2014). Rencana Kerja Pemerintah tahun 2015. Jakarta: BAPENAS

Budi, (2010). Pemenuhan Hak Untuk Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Didik Pemasyarakatan Di Rumah Tahanan Negara Jakarta Timur. Jakarta: Tesis, Program Studi Pengkajian Ketahanan Nasional, Program Pascasarjan-UI.

Dawe, Susan (ed). (2007). Vocational Educational and Training for Adult Prisoners and Offenders in Australia: Research Readings, Adelaide: Australian Government.

Halwey, Jo, et al. (2013). Prison Education and Training in Europe: Current State-of-Play and Challenges. GHK Consulting.

Hariyanto, Eko, dkk., (2014) Survey dan Pendataan Tentang Pelaksanaan Program Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Bagi Narapidana Anak di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Dalam Rangka Pengembangan Model Implementasi Program Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Bagi Narapidana Anak Yang Sedang Menjalani Masa Hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS), (Jakarta: Laporan Penelitian, kerjasama Pusat Kajian Kriminologi FISIP-UI, Institute for Criminal Policy Studies dan Direktorat Pendidikan Khusus Layanan Khusus, Direktorat Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan Nasional, 2014).

Henson, Peter. Employment – The Key to Keeping People Out of Prison. Hill, Elizabeth G., (2008). From Cellblocks to Classrooms: Reforming Inmate Education To Improve Public Safety. Sacramento: The Legislative Analyst’s Office (LAO).

Kumalasari, Ratna. (2005). Meningkatkan Kemampuan Petugas Pemasyarakatan Dalam Memotivasi Belajar Anak Didik Di Lapas Anak Pria Tangerang. Jakarta: Tesis, Pascasarjana Psikologi-UI.

Lolo, Ferdinand T. Andi, dkk., (2016). Faktor-Faktor Yang Menghambat Penyelenggaraan Pendidikan Yang Bermutu Bagi Narapidana Anak di LAPAS Untuk Dewasa di Jawa Barat. Depok: Laporan Penelitian Hibah Riset Unggulan FISIP-UI Tahun 2016.

Mardiyati, Veronika (2005). Pemenuhan Hak Pendidikan Bagi Anak Didik Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Anak (Studi Kasus Anak Didik Pada Lembaga Pemasyarakatan Anak Wanita Tangerang). Jakarta: Tesis, Program Studi Pengkajian Ketahanan Nasional, Program Pascasarjana-UI.

Riyadi, Aman (2005). Manajemen Pendidikan Bagi Anak Didik Pemasyarakatan: Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan KLas IIA Anak Kutoarjo. Jakarta: Tesis, Program Studi Pengkajian Ketahanan Nasional, Program Pascasarjana-UI.

Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Penerbit Kencana

Tamtomo, F. Haru. (2007). Penyelenggaraan Pendidikan Khusus Bagi Anak Didik Pemasyarakatan Di Lembaga Pemasyarakatan. Jakarta: Tesis, Program Studi Pengkajian Ketahanan Nasional, Program Pascasarjan-UI.

UNESCO. (1995). Basic Education in Prisons. Baltimore: Maryland State Department of Education.

Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yatiman, Yatiman. (2005). Penyelenggaraan Pendidikan Formal Di Lembaga Pemasyarakatan Anak: Studi Kasus di Lapas Anak Pria Tangerang. Jakarta: Tesis, Program Studi Pengkajian Ketahanan Nasional, Program Pascasarjana-UI.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/tomaega.v3i1.304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

LPPM Universitas Andi Djemma

P-ISSN: 2622-6332

E-ISSN: 2622-6340

Email: tomaega.unanda@gmail.com/ CP: 082188150380


TERINDEKS BY:


Crossref logo

 Creative Commons License
JEMMA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.