Pelatihan Penerapan Pembelajaran Daring Interaktif Bagi Guru-Guru SD Al Islam Morowudi, Gresik

Faishol Hadi, Ahmad Syafi’i, Yiyin Isgandi

Abstract


Abstrak

Kebijakan kegiatan pembelajaran dari rumah di tengah Pandemi Covid-19 memaksa guru harus menciptakan pembelajaran daring yang interaktif dan efektif. Salah satu komponen pembelajaran daring yang wajib dimiliki guru adalah komponen penguasaan media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan efektif bisa diaplikasikan dalam kelas daring. Oleh karena itu, tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabian ini adalah untuk membantu dan memfasilitasi guru SDI Al Islam Morowudi dalam menguasai media pembelajaran daring yang tepat yang bisa diterapkan ke siswa. Metode yang diterapkan dalam pengabdian adalah pelatihan, yaitu ada dua pemateri yang menyampaikan dan melatih peserta dalam menggunakan dua media pembelajaran daring yaitu Kahoot dan Socrative. Hasil dari pengabdian ini adalah saat ini peserta memiliki paling tidak dua variasi media pembelajaran daring yang interaktif yang bisa diimplementasikan di kelas daring, yaitu media pembelajaran Kahoot dan Socrative. Dua platform pembelajaran ini diharapkan mampu membantu guru dalam mencipatkan kegiatan pembelajaran daring yang interaktif dan menyenangkan sehingga siswa mampu mencapai kompetensi pembelajaran yang diinginkan.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring Interaktif, Kahoot, Socrative

 

Abstract

The policy of learning activities from home in the middle of the Covid-19 Pandemic forced teachers to create interactive and effective online learning. One component of online learning that teachers must have is the mastery of learning media that is interesting, interactive, and effective can be applied in online classes. Therefore, the purpose of carrying out these community service activities is to help and facilitate SDI Al Islam Morowudi's teacher in mastering the right online learning media that can be applied to students. The method applied in the service is training, namely there are two presenters who deliver and train participants in using two online learning media namely Kahoot and Socrative. The results of this dedication are that at present the participants have at least two variations of interactive online learning media that can be implemented in online classes, namely Kahoot and Socrative learning media. These two learning platforms are expected to be able to help teachers create interactive and fun online learning activities so that students are able to achieve the desired learning competencies

Key Word: Interactive Online Learning, Kahoot, Socrative


Keywords


Pembelajaran Daring Interaktif, Kahoot, Socrative

Full Text:

PDF

References


Aji, R.H.S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. (7)5, 395-402

Buabeng, A. C. (2012). Factors Influencing Teachers Adoption and Integration of Information and Communication Technology into Teaching: A Review of the Literature. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), (8)1, 136-155.

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–140.

Kemdikbud RI. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia.

Kementerian Kesehatan. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19), 3, 1–116.

Pane, A., & Darwis, D. M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54.

Putri, E. A., dkk. (2020). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Mengajar Bagi Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tangerang, Banten. To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat, (3)1, 36-46

Wahyudin, D. (2010). Model Pembelajaran ICARE Pada Mata Pelajaran TIK di SMP. Jurnal Penelitian Kependidikan, (11)1, 30-43.




DOI: http://dx.doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat



Published by:

LPPM Universitas Andi Djemma, (P-ISSN: 2622-6332/ E-ISSN: 2622-6340),

Email: tomaega.unanda@gmail.com/ CP: 082188150380


TERINDEKS BY:


Crossref logodimensions.png 

 Creative Commons License
To Maega is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.